Kesbangpol Klungkung Isi Liburan Dengan Tirtayatra

  • 27 Juni 2017
  • Dibaca: 54 Pengunjung
Kesbangpol Klungkung Isi Liburan Dengan Tirtayatra

Liburan panjang dalam rangka Lebaran tahun 2017 diisi dengan beraneka ragam acara ataupun kegiatan oleh masyarakat. Termasuk keluarga besar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Klungkung yang mengisi liburannya dengan kegiatan Tirtayatra ke beberapa pura di Kabupaten Buleleng. Kegiatan Tirtayatra ini digagas oleh Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Klungkung Drs. I Wayan Sujana saat memilmpin rapat staf lengkap pada tanggal 22 Juni 2017. 

Ada tiga pura yang dituju dalam Tirtayatra ini yaitu Pura Pucak Manik, Pura Melanting dan Pura  Kerta Kawat yang semuanya ada di wilayah desa Banyupoh kecamatan Grokgak kabupaten Buleleng. Sejatinya ada satu pura lagi yang ingin dituju yaitu Pura Pucak Sinunggal yang ada di desa Tajun kecamatan Kubutambahan, juga di wilayah kabupaten Buleleng. Namun perjalanan ke pura ini urung dilakukan karena permasalahan bus besar yang tak bisa masuk hingga dekat pura.

Perjalanan diawali pada pagi hari sekitar pukul 07.30 WITA dan tiba di desa Banyupoh sekitar pukul 12.00 WITA. Setelah makan siang, rombongan mengawali persembahyangan di Pura Pucak Manik yang terletak di pinggang perbukitan Pulaki. jalan menuju pura ini melewati tangga beton yang tak terhitung jumlahnya plus gangguan satwa kera yang sering berbuat nakal. Namun rasa lelah yang awalnya dirasa, terasa sirna setelah sampai di pura yang merupakan payogan Dang Hyang Dwijendra ini. Persembahyangan diawali dengan melukat di beji. Selanjutnya persembahyangan dilanjutkan ke Pura Melanting dan Pura Kerta Kawat. Rombongan tiba kembali di Klungkung pada pukul 23.00 WITA.

Kepala badan Kesbangpol Kabupaten Klungkung Drs. i Wayan Sujana menyatakan bahwa kegiatan seperti ini amat bermarfaat untuk meningkatkan spiritualitas kita serta untuk mohon keselamatan selama menjalankan tugas. Kegiatan seperti ini perlu untuk diteruskan agar sebagai umat Hindu kita mengenal pura-pura yang ada di Bali dengan segala keunikannya.

  • 27 Juni 2017
  • Dibaca: 54 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita